Hanya 13% Masyarakat yang Masih Mendengarkan Radio

Persentase Perhatian Masyarakat Usia 10 Tahun ke Atas Terhadap Media Radio, Surat kabar dan Televisi (2003-2018)

Sumber : Badan Pusat Statistik (BPS), 2019

Disalin..

Penulis: Viva Budy Kusnandar

23/10/2019, 20.00 WIB

Pesatnya kemajuan teknologi dan informasi telah mengubah gaya hidup masyarakat dalam memperoleh berita dan hiburan. Munculnya media online, media sosial serta booming-nya smartphone (telepon pintar) telah menggerus ketertarikan masyarakat terhadap media konvensioal seperti surat kabar, majalah/tabloid maupun radio.

Berdasarkan hasil survei indikator sosial budaya Badan Pusat Statsitik (BSI), masyarakat (usia 10 tahun ke atas) yang mendengarkan radio dalam seminggu terakhir hanya 13,31% pada 2018. Angka ini merosot jauh dari 50,29% pada 2003. Demikian pula masyarakat yang membaca surat kabar atau majalah berkurang menjadi 14,92% pada 2018 dibanding 23,7% pada 2003.

(Baca Databoks: Nielsen: Jangkauan Pendengar Radio 38 Persen)

Adapun masyarakat dalam seminggu terakhir yang menonton televisi justru menunjukkan peningkatan dari 84,94% pada 2003 menjadi 93,02% pada 2018. Ini mengindikasikan media televisi masih menjadi perhatian masyarakat di tengah kemajuan informasi dan teknologi.

data terkait