Nielsen: Jangkauan Pendengar Radio 38 Persen

Media
17/11/2016 11:43 WIB
Penetrasi Media 2016
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pesatnya pertumbuhan internet dan televisi di Tanah Air tidak membuat jangkauan pendengar radio turun. Survei Radio Audience Measurement (RAM) pada kuartal ketiga tahun ini masih menempatkan radio sebagai salah satu pilihan masyarakat. Penetrasi pendengar radio mencapai 38 persen atau sekitar 20 juta orang.

Survei yang dilakukan Nielsen ini mencakup wilayah 11 kota besar di Indonesia. Rata-rata masyarakat di perkotaan menghabiskan waktu 139 menit dalam sepekan untuk mendengarkan radio. Kegiatan yang dilakukan seperti untuk mengakses informasi atau mendengarkan musik.

Dari survei tersebut, Generasi X yang menjadi pendengar radio paling menghabiskan waktu 18 jam 13 menit per minggu. Empat dari 10 masyarkat mendengarkan radio menggunakan earphone.

Nielsen RAM merupakan survei pengukuran kependengaran radio terhadap 8.400 responden berusia 10 tahun ke atas. Kota-kota yang disurvei antara lain Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Semarang, Surakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Palembang, Makassar dan Banjarmasin.

Data Populer
Lihat Semua