Dapatkan akses instan ke artikel “Nielsen: Jangkauan Pendengar Radio 38 Persen”.
Rp5.000
Kami menerima pembayaran berikut:
Beberapa metode pembayaran masih dalam proses aktivasi.
Penetrasi Media 2016
Unduh
Unduh
Silakan beli artikel ini atau berlangganan untuk mengakses fitur unduh.
Sumber
Sumber
Silakan beli artikel ini atau berlangganan untuk mengakses fitur sumber.
Lembaga:
Nielsen Indonesia, PT (The Nielsen Company)
Tanggal rilis:7 November 2016
Wilayah:Indonesia
Periode survei:Triwulan III 2016
A Font Kecil
A Font Sedang
A Font Besar
Pesatnya pertumbuhan internet dan televisi di Tanah Air tidak membuat jangkauan pendengar radio turun. Survei Radio Audience Measurement (RAM) pada kuartal ketiga tahun ini masih menempatkan radio sebagai salah satu pilihan masyarakat. Penetrasi pendengar radio mencapai 38 persen atau sekitar 20 juta orang.
Survei yang dilakukan Nielsen ini mencakup wilayah 11 kota besar di Indonesia. Rata-rata masyarakat di perkotaan menghabiskan waktu 139 menit dalam sepekan untuk mendengarkan radio. Kegiatan yang dilakukan seperti untuk mengakses informasi atau mendengarkan musik.
Dari survei tersebut, Generasi X yang menjadi pendengar radio paling menghabiskan waktu 18 jam 13 menit per minggu. Empat dari 10 masyarkat mendengarkan radio menggunakan earphone.
Nielsen RAM merupakan survei pengukuran kependengaran radio terhadap 8.400 responden berusia 10 tahun ke atas. Kota-kota yang disurvei antara lain Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Semarang, Surakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Palembang, Makassar dan Banjarmasin.