Pangsa Pangsa Travel Online Asia Tenggara Rp 483 Triliun pada 2019

Pangsa Pasar (GMV) Travel Online Asia Tenggara (2015-2025)

Sumber : Google, Temasek, Bain & Company, 2019

Disalin..

Penulis: Viva Budy Kusnandar

8/10/2019, 07.17 WIB

Pangsa pasar (gross merchandise value/GMV) travel online di Asia Tenggara (ASEAN) diproyeksikan mencapai US$ 34,48 miliar atau setara Rp 483 triliun hingga akhir 2019. Nilai tersebut terdiri atas jasa layanan hotel US$ 780 juta, layanan penerbangan US$ 12,9 miliar dan penyewaan keperluan liburan US$ 20,8 miliar.

Berdasarkan hasil riset Google, Temasek dan Bain & Company, GMV travel online pada 2015 baru mencapai US$ 19,4 miliar kemudian naik 15% (CAGR) per tahun menjadi US$ 34,48 miliar. Lalu, akan kembali tumbuh 15% (CAGR) per tahun menjadi US$ 78 miliar pada 2025.

(Baca Databoks: Transaksi Tiket Online di Indonesia Diperkirakan Mencapai Rp 125 Triliun pada 2018)

Sebagai informasi, pangsa pasar ekonomi digital Asia Tenggara mencapai US$ 100 miliar pada 2019. Adapun GMV travel online merupakan yang terbesar kedua, yaitu mencapai US$ 34 miliar. Sementara yang terbesar adalah pangsa pasar e-commerce dengan nilai US$ 38 miliar.

(Baca Databoks: Inilah Potensi Ekonomi Digital Indonesia 2015-2025)

data terkait