Kualitas Udara di Jambi Berbahaya

Indeks Kualitas Udara Provinsi Jambi 25 Agustus-23 September 2019

Sumber : airvisual.com,

Disalin..

Penulis: Dwi Hadya Jayani

Editor: Hari Widowati

23/9/2019, 12.00 WIB

Kualitas udara di Provinsi Jambi pada pagi hari ini memburuk. Airvisual.com mencatatkan indeks kualitas udara (Air Quality Index/AQI) pada Senin (23/9), 09.00 WIB sebesar 635 poin atau masuk kategori berbahaya. Secara harian, kualitas udara di Provinsi Jambi mencapai level terburuk selama satu bulan yaitu sebesar 493 poin pada Minggu (22/9). Angka tersebut meningkat 27% dibandingkan dengan hari sebelumnya yang memiliki skor sebesar 388 poin.

Buruknya kualitas udara di Jambi disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Langit Jambi yang memerah dan menjadi viral di media sosial merupakan salah satu dampak pekatnya partikel polutan di udara. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BKMG) menyebut fenomena langit merah di Jambi disebabkan adanya hamburan sinar matahari oleh partikel yang mengapung di udara dan berukuran kecil.

Airvisual.com menyarankan agar masyarakat di Jambi menghindari olahraga di luar ruangan, menutup jendela, memakai masker, dan menggunakan pembersih udara (air purifier) untuk mengatasi dampak polusi udara tersebut.

(Baca Databoks: Kualitas Udara di Simpang, Jambi dan Terentang, Kalimantan Barat Masuk Kategori Berbahaya)

data terkait