Cuitan Trump Gerus Harga Emas Dunia

Harga Emas Dunia (US$/Ounce)

Sumber : investing.com, 2019

Disalin..

Penulis: Dwi Hadya Jayani

Editor: Hari Widowati

19/9/2019, 19.00 WIB

Harga emas dunia terkoreksi 0,77% ke level US$ 1.504,15/ounce pada Kamis (19/9) dari perdagangan sehari sebelumnya di level US$ 1.515,8/ounce. Menurut Direktur PT Garuda Berjangka, Ibrahim, penurunan harga emas dunia disebabkan kicauan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Twitter yang menyebut pemangkasan Fed Fund Rate oleh Bank Sentral AS tidak cukup untuk mendorong ekonomi Negeri Paman Sam.

The Fed dinyatakan gagal. Kicauan Trump dilatarbelakangi oleh kekhawatiran terhadap dampak perang dagang Tiongkok-AS yang membuat perekonomian AS terancam resesi.

Selain itu, Trump juga memerintahkan kepada Departemen Keuangan untuk menjatuhkan sanksi ekonomi baru kepada Iran. Keputusan ini dikeluarkan pasca serangan drone yang dilakukan gerilyawan Houthi terhadap kilang minyak milik Arab Saudi. AS menuding Iran berada di balik serangan tersebut.

(Baca Databoks: Harga Emas Tembus US$ 1.500/ounce, Berapa Permintaan Logam Mulia?)

TOPIK

Pasar

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.