Survei Global Firepower 2019: Kekuatan Militer Indonesia Peringkat 16 Dunia

Ekonomi & Makro
1
Viva Budy Kusnandar 16/08/2019 09:31 WIB
20 Negara dengan Indeks Kekuatan Militer Tertinggi 2019
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Memasuki usianya yang ke-74, kekuatan militer Indonesia tetap diperhitungkan di kancah dunia. Ini tercermin dari hasil survei Global Firepower 2019 yang menempatkan Indonesia di peringkat ke-16 dunia dari 137 negara. Indeks kekuatan militer (PwrIndx) Indonesia berada di level 0,2804. Posisi Indonesia di bawah Pakistan, tetapi unggul dibandingkan Israel maupun Korea Utara, seperti terlihat pada grafik di bawah ini.

Amerika Serikat (AS) masih menjadi negara dengan kekuatan militer tertinggi dengan PwrIndx 0,0615. Rusia di posisi kedua dengan PwrIndx 0,0639 dan Tiongkok dengan PwrIndx 0,0673 di posisi ketiga. Di Asia, kekuatan militer Indonesia di peringkat kesembilan sedangkan di Asia Pasifik Indonesia di peringkat kedelapan.

(Baca Databoks: Jumlah Populasi Merupakan Unsur Kekuatan Bagi Militer Indonesia)

Penilaian PwrIndx menggunakan lebih dari 55 indikator, semakin mendekati 0 maka kian sempurna kekuatan militer suatu negara. Dengan menggunakan formula unik, sebuah negara dengan teknologi yang canggih dapat mengalahkan negara yang lebih besar. Dalam pemeringkatan ini tidak hanya mengukur masalah jumlah senjata, tetapi juga letak geografis, kekuatan personil serta stabilitas finansial. Adapun kepemilikan senjata nuklir atau peluru kendali tidak diperhitungkan dalam PwrIndx ini.

Editor : Hari Widowati
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.