Cek Data: Proyek Palapa Ring Paket Barat dan Tengah Sudah Selesai

Panjang Jaringan dan Capaian Pengerjaan Proyek Palapa Ring (Jan 2019)

Sumber : Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), 2019

Disalin..

18/2/2019, 10.50 WIB

Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo dalam debat kedua menyebutkan telah mengembangkan proyek infrastruktur tol internet dengan nama Palapa Ring yang membentang dari Indonesia bagian barat sampai ke bagian timur. Proyek Palapa Ring merupakan layanan internet berkecepatan tinggi hingga 40 Mbps. “Di Indonesia bagian barat telah 100% kita diselesaikan, di Indonesia bagian tengah telah 100% kita selesaikan, Indonesia bagian wilayah timur telah selesai 90% dan akan kita selesaikan pada tahun ini,” tutur Jokowi.

Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informasi jaringan Palapa Ring paket barat sepanjang 2.275 km telah selesai dan sudah beroperasi. Demikian pula paket tengah dengan panjang 2.995 km telah rampung 100% namun masih dalam tahap ujicoba.

Sementara untuk paket timur dengan panjang 6.878 km baru mencapai sekitar 90% dan ditargetkan selesai tahun ini. Belum selesainya paket timur ini karena kondisi keamanan dan kondisi geografis di Papua dan Papua Barat yang berbentuk pegunungan.

data terkait