Berapa Panjang Jaringan Internet Palapa Ring

17/1/2019, 13.26 WIB

Pengerjaan Paket Palapa Ring Barat dan Paket Palapa Ring Tengah sudah selesai sementara Paket Palapa Ring Timur telah mencapai 89,3%.

Dalam rangka mengikis gap koneksi internet antara Pulau Jawa dengan wilayah lainnya pemerintah telah membangun jaringan kabel serat optik dari Sabang-Merauke. Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informasi pembangunan jaringan internet dengan nama Palapa Ring tersebut mencapai 12.148 km yang terbagi dalam tiga wilayah seperti terlihat pada grafik di bawah ini.

Baca selengkapnya

(Baca Databoks: Pertumbuhan Pengguna Internet, Indonesia Nomor 1 di Dunia)

Untuk Palapa Ring Paket Barat mencapai 2.275 km dan Palapa Ring Paket Tengah sepanjang 2.995 km. Kedua paket tersebut telah selesai 100%. Sementara Palapa Ring Paket Timur dengan panjang 6.878 km pengerjaannya hingga akhir tahun lalu telah mencapai 89,39%.

Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur tol informasi dalam bentuk serat optik akan menghubungkan jaringan internet seluruh wilayah Indonesia. Jika proyek ini rampung masyarakat akan menikmati akses internet 4G dengan kecepatan hingga 30 Mbps.

Tampilkan minimal

Panjang Jaringan Internet Kabel Serat Optik Palapa Ring

 
  • Sumber

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)

  • Rilis

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jan 2019

  • Informasi lain

    -

  • Embed Chart

Baca Juga

Statistik Lainnya