Berapa Jumlah Pengguna Internet di Indonesia?

20 Februari 2018

Pesatnya perkembangan teknologi, makin luasnya jangkauan layanan, serta murahnya harga gadget membuat pengguna internet di tanah air tumbuh pesat.

Jumlah pengguna internet di Indonesia pada 1998 baru mencapai 500 ribu, tapi pada 2017 telah mencapai lebih dari 100 juta. Pesatnya perkembangan teknologi, luasnya jangkauan layanan internet, serta makin murahnya harga gadget (gawai) untuk akses kedunia maya membuat pengguna internet tumbuh cukup pesat.

Baca selengkapnya

Menurut data survei APJII, pengguna internet di Indonesia pada 2017 telah mencapai 142 juta jiwa dengan penetrasi sebesar 54,69 persen dari total populasi. Pengakses internet pada tahun lalu tumbuh 7,9% dari tahun sebelumnya dan tumbuh lebih dari 600% dalam 10 tahun terakhir.

Pengguna internet akan terus bertambah seiring makin luasnya jangkauan layanan internet di tanah air. Makin banyaknya menara Base Transceiver Station (BTS) yang dibangun oleh para operator maupun penyedia jasa layanan seluler, pembangunan jaringan kabel fiber optik Palapa Ring akan meningkatkan layanan internet di Indonesia, terutama bagian timur. Seperti diketahui, saat ini banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dengan menggunakan bantuan jaringan internet.

Tampilkan minimal

Pengguna Internet di Indonesia (1998-2017)

 
  • Sumber

    Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII)

  • Rilis

    Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) 2018

  • Informasi lain

    Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII)

  • Embed Chart

Baca Juga

Statistik Lainnya