Layanan Jemaah Haji Indonesia Terus Membaik

Layanan konsumen & Kesehatan
23/11/2018 10:41 WIB
Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (2010-2018)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indeks kepuasan jemaah haji Indonesia (IKJHI) pada 2018 naik 0,38 poin menjadi 85,23 dari tahun sebelumya. Ini mengindikasikan bahwa layanan jemaah haji Indonesia pada tahun ini masuk kategori sangat memuaskan.

Dalam empat tahun terakhir layanan haji Indonesia terus mengalami perbaikan, ini terbukti dari IKJHI mengalami kenaikan. Bahkan beberapa aspek penilaian kepuasan jemaah haji tersebut mendapat kriteria memuaskan dengan meraih skor di atas 85. Antara lain layanan transportasi bus antarkota (88,25), petugas (87,69), transportasi bus shalawat (87,65), ibadah (87,12). Kemudian katering non-Armina (86,91) dan akomodasi hotel (86,02).

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Minat masyarakat muslim di tanah air untuk menunaikan kewajiban rukun Islam ke lima membuat antrian haji Indonesia cukup panjang. Sebagai informasi, kuota haji Indonesia mulai 2017 naik menjadi 221 ribu/tahun dari sebelumnya168 ribu.

(Baca Databoks: Penyakit Penyebab Kematian Jemaah Haji 2015)

 

Data Populer
Lihat Semua