Topang Pelemahan Mata Uang, Beberapa Bank Sentral Naikkan Suku Bunga

16 Agustus 2018

Bank sentral di beberapa negara ekonomi berkembang terpaksa menaikkan suku bunga acuannya untuk menopang mata uangnya dari kejatuhan.

Beberapa bank sentral di negara ekonomi berkembang terpaksa menaikkan suku bunga acuannya untuk menopang mata uangnya dari kejatuhan. Perkasanya dolar Amerika Serikat (AS) terhadap mata uang utama dunia telah menyeret pelemahan beberapa mata uang di beberapa negara seperti Venezuela, Argentina dan Turki.

Baca selengkapnya

Sepanjang Januari-Agustus 2018, bank sentral Argentina telah menaikkan suku bunga acuannya 1.125 bps menjadi 40% setelah mata uangnya terdepresiasi lebih dari 36%. Kemudian bank sentral Turki juga menaikkan suku bunga patokannya sebesar 950 bps menjadi 17,5%. Demikian pula bank sentral Indonesia (Bank Indonesia) telah menaikkan suku bunga BI 7-day Repo Rate sebesar 125 bps menjadi 5,5% sepanjang tahun ini akibat melemahnya rupiah.

Membaiknya ekonomi Negeri Paman Sam yang diikuti naiknya suku bunga The Fed untuk meredam inflasi telah mendorong kenaikan dolar AS. Selain itu, kebijakan Presiden Donald Trump yang cenderung protektif dengan menaikkan tarif barang masuk ke Amerika telah memunculkan ketidakpastian di pasar finansial global.

Tampilkan minimal

Naik/Turun Suku Bunga Bank Sentral Beberapa Negara (Jan-Agt 2018)

 
  • Sumber

    Berbagai Sumber

  • Rilis

    Berbagai Sumber 2018

  • Informasi lain

    -

  • Embed Chart

Baca Juga

Statistik Lainnya