Beberapa metode pembayaran masih dalam proses aktivasi.
Belanja Iklan Media Televisi, Koran, serta Majalah dan Tabloid (2011-2017)
:[/]
[bold]
:[/]
[bold]
:[/]
[bold]
:[/]
[bold]
Nama Data
Koran
Majalah dan Tabloid
Televisi
2011-12-31
24,49 Triliun
2,17 Triliun
44,28 Triliun
2012-12-31
27,94 Triliun
2,31 Triliun
54,08 Triliun
2013-12-31
31,6 Triliun
2,24 Triliun
68,09 Triliun
2014-12-31
32,25 Triliun
2,22 Triliun
75,51 Triliun
2015-12-31
30,84 Triliun
1,93 Triliun
84,77 Triliun
2016-12-31
29,4 Triliun
1,6 Triliun
103,8 Triliun
2017-12-31
28,5 Triliun
1,1 Triliun
115,8 Triliun
A Font Kecil
A Font Sedang
A Font Besar
Berdasarkan Nielsen Advertising Expenditure (Adex) 2017, belanja iklan media konvensional masih tumbuh 8% menjadi Rp 145,5 triliun. Sementara jumlah spot iklan justru berkurang 2% dari tahun sebelumnya. Naiknya rate card membuat belanja iklan media masih mencatat pertumbuhan.
Adapun belanja iklan televisitumbuh 12% menjadi Rp 115,8 triliun dari tahun sebelumnya. Angka tersebut mencapai sekitar 80% dari total belanja iklan. Sedangkan belanja iklan koran turun 3% menjadi Rp 28,5 triliun. Demikian pula belanja iklan majalah dan tabloid menyusut 31% menjadi hanya Rp 1,1 triliun.
>
Nielsen Adex 2017 diambil dari Ad Intel yang memonitor aktivitas periklanan di Indonesia dari 15 stasiun televisi, 99 surat kabar, serta 120 majalah dan tabloid. Angka belanja iklan tersebut didasarkan pada gross rate card, tanpa memperhitungkan adanya diskon, bonus, promo, harga paket dan lainnya.