Belanja Iklan Media Konvensional Masih Tumbuh

Belanja Iklan Media Televisi, Koran, serta Majalah dan Tabloid (2011-2017)

Sumber : Nielsen Indonesia, PT (The Nielsen Company), 2018

Disalin..

3/2/2018, 09.38 WIB

Berdasarkan Nielsen Advertising Expenditure (Adex) 2017, belanja iklan media konvensional masih tumbuh 8% menjadi Rp 145,5 triliun. Sementara jumlah spot iklan justru berkurang 2% dari tahun sebelumnya. Naiknya rate card membuat belanja iklan media masih mencatat pertumbuhan.

Adapun belanja iklan televisi tumbuh 12% menjadi Rp 115,8 triliun dari tahun sebelumnya. Angka tersebut mencapai sekitar 80% dari total belanja iklan. Sedangkan belanja iklan koran turun 3% menjadi Rp 28,5 triliun. Demikian pula belanja iklan majalah dan tabloid menyusut 31% menjadi hanya Rp 1,1 triliun.

Nielsen Adex 2017 diambil dari Ad Intel yang memonitor aktivitas periklanan di Indonesia dari 15 stasiun televisi, 99 surat kabar, serta 120 majalah dan tabloid. Angka belanja iklan tersebut didasarkan pada gross rate card, tanpa memperhitungkan adanya diskon, bonus, promo, harga paket dan lainnya.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.