Negara dengan Investasi Terbesar ke Indonesia 2017

Ekonomi & Makro
02/02/2018 14:11 WIB
10 Negara dengan Investasi Tertinggi di Indonesia (2017)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Investasi asing (Foreign Direct Investment/FDI) masih mendominasi realisasi penanaman modal di Indonesia sepanjang 2017. Sekitar 62,42% realisasi investasi di tanah air berasal dari luar negeri. Indonesia laju inflasi yang terkendali,ekonomi yang tumbuh sekitar 5%, serta stabilnya nilai tukar rupiah menjadi daya tarik investor asing. Ditambah lagi dengan masuknya Indonesia ke level layak investasi.

Sepanjang 2017, Singapura masih menjadi investor asing terbesar bagi Indonesia. Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), investasi yang berasal dari Negeri Singa  pada tahun lalu mencapai US$ 8,4 Miliar atau setara Rp 112,5 triliun. Angka tersebut setara dengan 26,1% dari total keseluruhan investasi negara asing di Indonesia. Meskipun demikian, angka investasi tersebut turun dibanding tahun sebelumnya yang mencapai US$ 9,2 miliar.

Adapun negara asal investor terbesar kedua adalah Jepang dengan nilai investasi US$ 4,9 miliar. Nilai investasi dari Negeri matahari Terbit tersebut juga turun dari tahun sebelumnya, yakni sebesar US$ 5,4 miliar. Sementara di urutan ketiga adalah Tiongkok dengan nilai US$ 3,4 miliar.

Data Populer
Lihat Semua