Inilah Target Pertumbuhan Sektoral 2018

Ekonomi & Makro
29/01/2018 11:35 WIB
Target Pertumbuhan Sektoral Dalam APBN 2018
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018, pemerintah menargetkan ekonomi Indonesia tumbuh 5,4% pada 2018. Angka ini lebih tinggi dari capaian hingga triwulan III sebesar 5,06% maupun outlook 2017 sebesar 5,2%. Guna mencapai target tersebut, pemerintah menganggarkan Rp 2.220,66 triliun untuk belanja pemerintah pusat maupun transfer ke daerah dan Dana Desa.

Beberapa sektor seperti informasi dan komunikasi, jasa keuangan dan asuransi, serta transportasi dan pergudangan diprediksi bakal tumbuh jauh di atas pertumbuhan ekonomi nasional. Perluasan jaringan data dan komunikasi serta tumbuhnya ekonomi digital akan menjadi pemicu sektor informasi dan komunikasi.

Sementara aktivitas di pasar keuangan yang semakin meningkat serta penestrasi layanan keuangan influsif dengan memanfaatkan inovasi teknologi financial technologi (fintech) akan menjadi pemicu pertumbuhan sektor keuangan dan asuransi. Demikian pula semakin efisiensinya layanan logistik (dwelling time), meningkatnya jumlah pengguna transportasi akan menjadi pendorong tumbuhnya sektor transportasi dan pergudangan. Sementara sektor pertambangan dan pertanian masih tertinggal.

(Baca Databoks: Indonesia Salah Satu Kontributor Tertinggi Pertumbuhan Global 2017-2019)

Data Populer
Lihat Semua