Triwulan III 2017, Sektor Logistik Tumbuh 10 Persen

13 November 2017

Produk Domestik Bruto sektor logistik pada triwulan III 2017 tumbuh 10 persen dibanding triwulan yang sama tahun sebelumnya (YoY).

Produk Domestik Bruto (PDB) sektor logistik pada triwulan III 2017 tumbuh 10 persen dibanding triwulan yang sama tahun sebelumnya (YoY). Data Badan Pusat Statistik mencatat bahwa PDB sektor pergudangan dan jasa penunjang angkutan; pos dan kurir pada triwulan ketiga tahun ini mencapai Rp 16,87 triliun dibanding triwulan ketiga tahun sebelumnya hanya Rp 15,33 triliun.

Baca selengkapnya

Sepanjang periode (TW I-TW III 2017), sektor logistik mencatat pertumbuhan di atas 7 persen dan selalu berada di atas pertumbuhan ekonomi domesik yang hanya tumbuh sekitar 5 persen. Pada triwulan III 2017, pertumbuhan sub sektor logistik juga tumbuh di atas sektor transportasi dan pergudangan yang tumbuh sebesar 8,45 persen. Pertumbuhan sektor logistik pada triwulan III 2017 merupakan yang tertinggi dalam tiga tahun terakhir.

Munculnya fenomena belanja online dan ditunjang oleh infrastruktur transportasi yang lebih baik membuat sektor pergudangan dan penunjang angkutan; pos dan kurir tumbuh hampir mencapai 10 persen. Banyaknya promo diskon menjelang akhir tahun seiring adanya perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018 dapat menjadi pendorong sektor logistik kembali tumbuh di akhir triwulan tahun ini.

Tampilkan minimal

Pertumbuhan Sektor Pergudangan dan Jasa Penunjang Angkutan; Pos dan Kurir (2015-2017)

 
  • Sumber

    Badan Pusat Statistik (BPS)

  • Rilis

    Badan Pusat Statistik (BPS) 2017

  • Informasi lain

    -

  • Embed Chart

Baca Juga

Statistik Lainnya