Influencer atau orang yang dapat mempengaruhi orang lain, bisa dipercaya, serta memiliki pengikut yang banyak kini di media sosial menjadi profesi dengan pendapatan yang cukup menjanjikan. Media sosial dengan miliaran pengguna menjadi ajang pemasaran bagi brand (merek) baru maupun lama.
Berdasarkan jenis media sosialnya, pendapatan influencer Youtube ternyata paling tinggi dibanding yang lainnya. Influencer di kanal Youtube dengan 100-500 ribu pengikut bisa memiliki pendapatan sebesar US$ 12.500 atau setara Rp 169 juta, sementara di Facebook hanya (US$ 6.250), Instragram (US$ 5 ribu), dan Twitter (US$ 2 ribu).
Bahkan, influencerYoutube yang memiliki lebih dari tujuh juta pengikut bisa memperoleh pendapatan hingga US$ 300 ribu atau sekitar Rp 4 miliar. Sementara influencer Facebook dengan pengikut yang sama dapat memperoleh pendapatan US$ 188 ribu, Instragram (US$ 150 ribu), dan Twitter (US 60 ribu). Youtube kini menjadimedia sosial dengan pengguna aktif terbesar di Indonesia.