SMRC: Opini Kebangkitan PKI Terbesar pada Massa Pemilih PKS

Politik
30/09/2017 10:42 WIB
 Hasil Survei SMRC Tentang Kebangkitan PKI Menurut Massa Pemilih Parta 2017
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC), opini kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) pada massa pemilih Partai Keadilan Sosial (PKS) mencapai 37 persen. Ini merupakan yang terbesar dibanding massa pemilih partai lainnya. Di posisi kedua adalah massa pemilih Partai Gerindra, yakni sebesar  20 persen, dan ketiga PAN sebesar 18 persen.

Direktur Program SMRC Sirojudin Abbas mengungkapkan bahwa opini kebangkitan PKI saat ini tidak terjadi secara alamiah, melainkan hasil dari mobilisasi opini kekuatan dari politik tertentu. Terutama dari pendukung Prabowo. “Jika opini kebangkitan tersebut terjadi secara alamiah maka akan ditemukan keyakinan secara proporsional pada pendukung Prabowo maupun Joko Wibowo,” paparnya.

Survei nasional yang dilaksanakan pada 3-10 September 2017 tersebut respondennya dipilih secara random (mutistage random sampling) dari 1.220 masyarakat yang telah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah. Sebanyak 1.057 responden (87 persen) akhirnya dapat diwawancarai secara valid. Adapun margin of error rata-rata dari survei tersebut +/- 3,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Data Populer
Lihat Semua