Grasberg Freeport, Tambang Emas Terbesar Kedua Dunia

Pertambangan
14/11/2016 14:58 WIB
10 Tambang Emas Terbesar Dunia (2015)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia menyimpan tambang emas terbesar kedua dunia. Tambang emas Grasberg yang terletak di Papua ini dioperasikan oleh PT. Freeport asal Amerika Serikat. Sebagaimana yang dilansir oleh Mineweb, situs internasional yang mempublikasikan informasi mengenai investasi pertambangan dan keuangan, pada 2014 produksi emasi di Grasberg mencapai 38,8 ton dan meningkat menjadi 42,3 ton di tahun berikutnya.

Adapun tambang emas terbesar dunia berada di Uzbekistan. Tambang yang bernama Muruntau yang dioperasikan oleh pemerintah Republik Uzbekistan ini menghasilkan 61 ton emas pada 2015. Tambang emas terbesar lainnya terletak di Amerika Serikat, bernama Goldstrike Mine. Tambang emas ketiga terbesar dunia ini memproduksi 28,1 ton emas pada 2014 dan naik menjadi 32,8 ton pada 2015.

Emas merupakan logam mulia yang banyak digunakan sebagai perhiasan maupun komoditas investasi jangka panjang. Permintaan emas yang semakin meningkat tiap tahun namun tidak diimbangi dengan peningkatan pasokan hasil tambang menjadikan nilai emas selalu naik dari tahun ke tahun.

Data Populer
Lihat Semua