Rupiah Masuk Daftar 10 Mata Uang Paling Tak Bernilai

10 Mata Uang Terendah Dunia terhadap dolar AS (per November 2016)

Sumber : Yahoo Finance, 2016

Disalin..

10/11/2016, 16.27 WIB

Rupiah masuk dalam daftar mata uang yang paling tidak bernilai di dunia. Dianggap tidak bernilai karena memiliki nilai tukar sangat rendah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Kuat ataupun lemahnya suatu mata uang biasanya dipengaruhi oleh faktor fundamental makroekonomi suatu negara. Diantaranya, defisit neraca perdagangan, suku bunga rendah, jumlah utang maupun kondisi ekonomi politik suatu negara.

Mata uang Indonesia (IDR) berada pada peringkat kelima terendah. Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika berada di kisaran Rp 13.118. Sementara itu, mata uang yang paling lemah dunia terhadap dolar AS adalah rial Iran (IRR). Pada 10 November 2016, nilai tukar Iran Rial terhadap dolar AS di level 31.863, berdasarkan konversi pada Yahoo Finance.

Sebelumnya, nilai mata uang palin lemah di dunia adalah dolar Zimbabwe. Nilai tukar mata uang tersebut terhadap dolar Amerika mencapai Z$ 300 triliun. Namun, pada 2009 Pemerintah Zimbabwe secara resmi meninggalkan dolar Zimbabwe dengan  menggunakan mata uang asing dalam proses transaksi di negaranya seperti rand Afrika Selatan, rupee India, maupun yuan.

TOPIK

Pasar

data terkait