Berapa Investasi Arab Saudi di Indonesia?

Ekonomi & Makro
27/02/2017 09:10 WIB
Investasi Negara-Negara Timur Tengah di Indonesia 2016
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Investasi Arab Saudi ke Indonesia sepanjang 2016 hanya mencapai US$ 900 ribu atau sekitar Rp 11,97 miliar. Angka ini hanya berada di urutan ketujuh dari daftar negara-negara di Kawasan Timur Tengah yang berinvestasi ke Indonesia. Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal, proyek investasi asing dari Arab Saudi ini berjumlah 44 unit.

Pada 2016, investasi Arab Saudi ke Indonesia hanya berada di urutan ke-57. Jauh dibandingkan dengan investasi Singapura ke Indonesia yang mencapai US$ 1,97 miliar atau sekitar Rp 122 triliun pada 2016. Investasi Singapura ini berada di urutan pertama mengalahkan Jepang dan Cina. Sementara investasi negara Kawasan Timur Tengah terbesar berasal dari Uni Emirat Arab, yakni mencapai US$ 55 juta dan berada di urutan ke 25.

Raja Salman bin Abdul Aziz dari Arab Saudi akan melakukan lawatan ke beberapa negara di Asia seperti Indonesia, Malaysia, Tiongkok, maupun Jepang. Kedatangan Raja Salman dan rombongan yang terdiri atas anggota keluarga kerajaan dan pemerintahan Arab Saudi ini dijadwalkan akan tiba di Indonesia pada 1 Maret 2017. Selain di Jakarta, rombongan juga merencanakan kunjungan ke Bali. Kedatangan Raja Arab Saudi ini ke Indonesia merupakan yang pertama kali sejak 1970.

Data Populer
Lihat Semua