Indofood Sukses Makmur masih menjadi penguasa pasar mi instan di Tanah Air. Berdasarkan data Bloomberg, Indofood Sukses Makmur menguasai pangsa pasar sekitar 70,7 persen mi instan. Meskipun Mie Sedap (produksi Wingsfood) mulai mencuri perhatian penikmat mi instan lokal, namun pangsa pasarnya masih jauh di bawah Indomie keluaran Indofood.
Mi instan telah menjadi makanan pengganti nasi bagi sebagian masyarakat Indonesia. Menurut Asosiasi Mi Instan Dunia (WINA), konsumsi mi instan Indonesia mencapai 14,5 miliar bungkus pada 2015. Terbesar kedua di dunia setelah masyarakat Cina yang mencapai 42,5 miliar bungkus.
Konsumsi mi instan domestik, menurut Asosiasi Biskuit, Roti dan Mi Instan pada 2015 mencapai 13,2 miliar bungkus. Diperkirakan konsumsi mi instan meningkat menjadi 14,8 miliar bungkus pada 2016.