Ada banyak pelanggan kereta yang puas dengan layanan PT Kereta Api Indonesia (KAI).
Hal ini terlihat dari hasil survei NEXT, unit bisnis milik Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional (Perum LKBN) Antara.
(Baca: Kereta Cepat Whoosh Jadi Magnet Wisatawan Mancanegara)
NEXT menyurvei 538 responden menjelang libur Natal dan tahun baru, yakni pada 11-17 Desember 2024.
Respondennya tersebar di 10 stasiun di lima kota, yaitu Jakarta (Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen), Yogyakarta (Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan), Bandung (Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong), Semarang (Stasiun Tawang dan Stasiun Poncol), dan Surabaya (Stasiun Pasar Turi dan Stasiun Gubeng).
Para responden diminat menilai layanan KAI di tiga kategori, yaitu layanan dan fasilitas di stasiun, layanan dan fasilitas di kereta, dan pembelian tiket.
Hasilnya, 91,5% responden menyatakan harga tiket kereta KAI menjelang Natal dan tahun baru cukup terjangkau.
Kemudian 89% menilai petugas stasiun sangat tanggap dalam merespons kebutuhan penumpang.
Ada pula 88,5% responden yang menilai kebersihan ruang tunggu dan toilet di stasiun masuk kategori baik.
Secara umum 88,8% mengaku puas dengan pelayanan KAI, dan sekitar 90% akan kembali memilih KAI sebagai moda transportasi mereka.
Namun, survei ini juga menemukan ada beberapa masukan penting dari responden untuk peningkatan layanan KAI.
"Di antaranya adalah penambahan armada dan waktu keberangkatan kereta, upgrade sistem KAI Access dan KAI Pay, penambahan diskon tiket dan reward, penambahan fasilitas bagi kaum inklusif, dan lain-lain," kata Direktur Komersial, Pengembangan Bisnis, dan Teknologi Informasi Perum LKBN Antara, Jaka Sugiyanta, disiarkan Antara, Sabtu (21/12/2024).
(Baca: Ini Daya Tarik Kereta Cepat Whoosh menurut Warga)