PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI beserta anak perusahaannya telah melayani 299,75 juta penumpang sepanjang Januari-Agustus 2024.
Pada periode ini penumpang terbanyak berasal dari KRL dan KA Lokal yang dikelola KAI Commuter, dengan total 244,45 juta penumpang.
Lalu KA Jarak Jauh telah mengangkut 29,92 juta penumpang, LRT Jabodebek 12,7 juta penumpang, dan KA Lokal 4,65 juta penumpang.
Kemudian Kereta Cepat Whoosh melayani 4,24 juta penumpang, KAI Bandara 3,69 juta penumpang, dan KAI Wisata 95,3 ribu penumpang.
"Secara keseluruhan, kinerja KAI dari Januari-Agustus 2024 untuk KA Jarak Jauh dan Lokal meningkat 9,4% (year-on-year/yoy) dari 31.595.487 penumpang menjadi 34.571.135 penumpang," kata VP Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangannya, Senin (9/9/2024).
Angkutan kereta lainnya yang mengalami peningkatan adalah KAI Commuter. Lini yang melayani penumpang KRL dan KA Lokal ini meningkat 15,03% (yoy). Begitupun penumpang KAI Wisata yang tumbuh hingga 73,01% (yoy).
Anne menyebut, peningkatan volume penumpang ini didukung oleh perbaikan performa ketepatan waktu kereta api baik saat keberangkatan maupun kedatangan.
Pada Agustus 2024 tingkat ketepatan waktu keberangkatan mencapai 99,85%, lebih tinggi dari periode sama tahun lalu yang sebesar 99,76%.
Lalu tingkat ketepatan waktu kedatangan kereta pada bulan lalu sebesar 97,87%, naik dibanding Agustus 2023 yang capaiannya 95,46%.
Anne menyatakan, pihaknya akan terus meningkatkan ketepatan waktu di seluruh lini kereta api guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan serta menjaga keselamatan perjalanan.
"Dengan peningkatan kualitas secara berkelanjutan ini, kami berharap kereta api tetap menjadi pilihan utama masyarakat dalam melakukan perjalanan," katanya.
(Baca: Jumlah Penumpang Kereta Api Bertambah pada Juli 2024)