Lembaga riset pasar Populix merilis laporan survei Indonesian Modern Consumption yang mengulas perilaku konsumen Indonesia, termasuk dalam hal penggunaan kendaraan listrik.
Hasil survei menunjukkan mayoritas atau 85% responden belum memiliki kendaraan listrik. Sedangkan 13% responden memiliki motor listrik, dan hanya 7% responden yang memiliki mobil listrik.
Adapun mobil listrik yang menjadi favorit masyarakat Indonesia adalah Tesla. Sebanyak 43% responden menyatakan ingin membeli mobil listrik Tesla dalam 5 tahun mendatang.
Kemudian sebanyak 27% responden berminat membeli mobil listrik merek Hyundai, 24% responden memilih mobil listrik Toyota, dan 22% responden memilih mobil listrik BMW.
Ada pula 13% responden yang ingin membeli merek Nissan, 10% responden memilih merek Lexus, dan hanya 9% responden yang memlih Porsche.
Sementara untuk pilihan motor listrik, merek United menjadi motor listrik yang paling banyak diinginkan responden dengan persentase 25%. Diikuti merek Viar 24% dan Gesits 19%.
Survei juga menunjukkan bahwa Tesla merupakan mobil listrik yang paling banyak dimiliki responden. Sedangkan motor listrik yang terbanyak dimiliki adalah United.
Survei ini dilakukan di Indonesia selama periode 3-9 Januari 2022. Survei melibatkan 1.002 responden yang terdiri dari 523 laki-laki dan 479 perempuan, dengan usia 18 hingga 55 tahun.
(Baca Juga: Pendapatan Tesla Melesat 71% pada 2021)