RANS Entertainment bakal melakukan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) pada 2023. Perusahaan milik pasangan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina ini mengklaim telah memiliki valuasi Rp 3 triliun.
RANS telah menjalin kemitraan dengan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) melalui PT Indonesia Entertainment Group (IEG) sejak 26 Oktober 2021, serta menjadi investor aplikasi konten audio Noice milik PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) sejak Februari 2022.
Perusahaan yang telah berdiri sejak 2017 ini juga sudah memiliki sekitar 200 karyawan dengan lini bisnis yang beragam, meliputi pembuatan konten media sosial, agensi digital, menajemen event, hingga kerja sama branding dengan berbagai kalangan.
Namun, jika dirunut ke belakang, bisnis RANS Entertainment berawal dari kanal YouTube Raffi dan Nagita yang kerap menampilkan konten kehidupan sehari-hari mereka.
Menurut data Social Blade, pada Januari 2023 akun YouTube RANS Entertainment sudah memiliki 24,7 juta pengikut (subscribers) dan masuk ke daftar 5 akun YouTube terpopuler di Indonesia.
Tingginya jumlah subscribers itu menjadi salah satu penopang pendapatan RANS Entertainment. Social Blade mengestimasikan pendapatan YouTube mereka berkisar antara USD 18,1 ribu sampai USD 289,9 ribu per bulan, setara dengan kisaran Rp 270,54 juta sampai Rp 4,33 miliar (kurs Rp 14.947 per USD).
Kemudian pendapatan tahunan YouTube Rans Entertainment diperkirakan antara USD 217,4 ribu sampai USD 3,5 juta, atau Rp 3,24 miliar sampai Rp 48,42 miliar.
(Baca: 10 YouTuber Paling Populer, Baim Paula Peringkat Berapa?)