Promo menjadi daya tarik masyarakat berbelanja online di lokapasar atau e-commerce. Survei JakPat menemukan 8 dari 10 atau 82% konsumen e-commerce memilih gratis ongkos kirim (ongkir) sebagai promo favorit.
Persentase itu mengalahkan diskon yang dipilih oleh 76% konsumen. Cashback menjadi promo favorit ketiga dengan persentase 71%. JakPat menilai peningkatan penggunaan dompet digital membuat promo ini cukup menarik bagi konsumen.
Selanjutnya, flash sale dipilih oleh 59% responden dan vocer dipilih 0leh 52% responden.
Promo eksklusif brand tertentu dan tebus murah masing-masing hanya dipilih 24% responden. Sementara, permainan dalam aplikasi dan lucky draw dipilih oleh 13% konsumen.
Survei ini dilakukan JakPat terhadap 1.420 responden di Indonesia yang melakukan belanja online selama semester I 2022.
Sebanyak 50% responden berasal dari kelompok usia Milenial, 36% dari kelompok Gen Z, dan 15% dari kelompok Gen X. Adapun sebanyak 41% responden berada di luar Pulau Jawa, 35% di Pulau Jawa, dan 24% di Jakarta dan sekitarnya.
Sampel dipilih menggunakan metode probability sampling, dengan margin of error survei di bawah 3%.
(baca: Seberapa Sering Warga Indonesia Belanja Online?)