Berdasarkan hasil survei Populix, sebanyak 82% responden pengguna internet Indonesia mengaku pernah terpapar iklan judi online dalam enam bulan terakhir.
Dari jumlah tersebut, 63% responden di antaranya mengaku selalu melihat iklan judi online setiap mengakses internet, baik di website maupun media sosial.
"Iklan judi online di Indonesia kini menghadapi tingkat paparan yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Head of Social Research Populix Vivi Zabkie dalam keterangannya, dilansir Katadata, Selasa (6/2/2024),
Sementara, ada 26% responden yang melihat iklan judi online dengan frekuensi 1-2 kali seminggu dan 11% responden melihatnya dalam 3-4 kali seminggu.
Adapun menurut platformnya. mayoritas atau 46% responden mengaku paling sering menjumpai iklan judi online di Instagram. Disusul oleh YouTube dan Facebook masing-masing sebesar 45%.
Survei ini digelar pada 21-28 November 2023 terhadap 864 responden yang pernah melihat iklan judi online dalam enam bulan terakhir yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dengan proporsi 52% responden laki-laki dan 48% perempuan.
Mayoritas responden berada di Pulau Jawa (80%), diikuti oleh Pulau Sumatra (11%), dan pulau-pulau lainnya (9%). Menurut usianya, responden didominasi oleh kelompok usia 17-25 tahun (45%) dan usia 26-35 tahun (21%).
(Baca juga: Kemenkominfo Blokir 800 Ribu Konten Judi Online pada 2023, Ini Sebarannya)