Iklan media cetak, baik koran maupun majalah mengalami penurunan sepanjang 2015-2016. Data Nielsen Advertising Information Services (AIS) menunjukkan bahwa belanja iklan koran dan majalah menunjukkan penurunan dalam dua tahun terakhir. Munculnya media sosial dan media online telah menggerus belanja iklan media cetak.
Belanja iklan koran sepanjang 2016 mengalami penurunan 4,5 persen menjadi Rp 29,4 triliun dari posisi 2015. Demikian pula iklan majalah pada 2016 juga menyusut 15,8 persen menjadi Rp 1,6 triliun dari tahun sebelumnya. Hellen Katherina, Executive Director, Media Business Nielsen Indonesia mengungkapkan bahwa penurunan belanja iklan koran dan majalah akibat berkurangnya jumlah media yang beroperasi.
Monitoring belanja iklan media cetak mencakup 99 surat kabar serta 123 majalah dan tabloid. Angka belanja iklan didasarkan pada gross rate card, tanpa menghitung diskon, promo, bonus dan lainnya.