Data lembaga riset pasar Counterpoint menunjukkan, pertumbuhan penjualan smartphone iPhone di China anjlok hingga 19,1% secara tahunan (year-on-year/yoy) pada kuartal I 2024.
Kini, pangsa pasar iPhone di Negeri Tirai Bambu hanya 15,7% pada kuartal I 2024, turun signifikan dari kuartal I 2023 yang sebesar 19,7%. Ini menempatkan gawai produksi Apple tersebut sebagai smartphone dengan pangsa pasar terbesar ketiga di China.
Pangsa pasar paling besar masih dipegang pabrikan lokal China, Vivo, yang mencapai 17,4% pada kuartal I 2024. Angkanya turun tipis dari kuartal I 2023 yang sebesar 17,7%.
Pangsa pasar terbesar kedua pun masih dipegang ponsel lokal, Honor, sebesar 16,1% pada kuartal I 2024. Angka ini naik dari sebelumnya yang sebesar 14,7% pada kuartal I 2023.
Di antara daftar ponsel yang dianalisis Counterpoint, gawai asli China, Huawaei, mencatatkan pertumbuhan paling tinggi pada kuartal I 2024 sebesar 69,7% (yoy).
Pangsa penjualan Huawei di China mencapai 15,5% pada kuartal I 2024. Angka ini naik kuartal tahun lalu sebesar 9,3%.
Secara umum, penjualan ponsel pintar China tumbuh 1,5% (yoy) pada kuartal I 2024. Associate Director Ethan Qi melihat, penjualan ponsel di China memang mulai pulih.
Faktor pendorong terbesar atas naiknya pertumbuhan karena promosi penjualan selama perayaan Tahun Baru Imlek. Rata-rata penjualan mingguan selama empat pekan menjelang Tahun Baru Imlek mengalami pertumbuhan yang kuat hingga 20% jika dibandingkan dengan minggu biasa, menurut Counterpoint.
Berikut pangsa pasar dan pertumbuhan sejumlah ponsel pintar di China kuartal I 2023-kuartal I 2024:
- Vivo
Kuartal I 2023 17,7%
Kuartal I 2024 17,4%
Pertumbuhan -0,4%
- Honor
Kuartal I 2023 14,7%
Kuartal I 2024 16,1%
Pertumbuhan 11,5%
- iPhone
Kuartal I 2023 19,7%
Kuartal I 2024 15,7%
Pertumbuhan -19,1%
- Huawei
Kuartal I 2023 9,3%
Kuartal I 2024 15,5%
Pertumbuhan 69,7%
- Oppo
Kuartal I 2023 18,4%
Kuartal I 2024 15,3%
Pertumbuhan -15,5%
- Xiaomi
Kuartal I 2023 13,6%
Kuartal I 2024 14,6%
Pertumbuhan 8,6%
- Lainnya
Kuartal I 2023 6,6%
Kuartal I 2024 5,5%.
(Baca juga: Peta Pasar Produk Apple, Asia-Pasifik Hanya Sumbang 8%)