Menurut data SimilarWeb, 5 situs e-commerce kategori marketplace dengan pengunjung terbanyak di Indonesia pada kuartal II 2023 adalah Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan Bukalapak.
Adapun dari 5 situs tersebut, yang meraih pertumbuhan kunjungan hanya Shopee dan Blibli.
Sepanjang kuartal II 2023 situs Shopee meraih rata-rata 166,9 juta kunjungan per bulan, naik 5,7% dibanding kuartal sebelumnya (quarter-on-quarter/qoq).
Dalam periode sama, rata-rata kunjungan ke situs Blibli naik 6,6% (qoq), sedangkan Tokopedia turun 8,4% (qoq), Lazada turun 10,5% (qoq), dan Bukalapak turun 13,8% (qoq) dengan rincian seperti terlihat pada grafik.
Kendati ada penurunan kunjungan ke beberapa situs, Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) optimistis bahwa transaksi belanja online secara umum akan tumbuh tahun ini.
Menurut Ketua Umum idEA, Bima Laga, nilai transaksi e-commerce di Indonesia pada 2022 mencapai Rp476 triliun. Ia pun memprediksi nilainya bisa tumbuh lagi sebesar 20% hingga mencapai Rp572 triliun pada 2023.
Prediksi itu salah satunya didasarkan pada penetrasi internet nasional yang terus meningkat, yang akan menjadi pendukung tumbuhnya bisnis e-commerce di masa depan.
"Masih banyak potensi pasar yang bisa diutilisasi dan dimanfaatkan oleh para pebisnis e-commerce nasional," kata Bima, dilansir Kontan.co.id (16/3/2023).
(Baca: Penetrasi Internet di Indonesia Tumbuh Pesat dalam 10 Tahun Terakhir)