Bank Digital Jenius merilis survei terkait perilaku digital savvy dalam belanja Ramadan 2024. Adapun digital savvy merupakan masyarakat yang hidup dan beradaptasi dengan dunia digital.
Survei menunjukkan, mayoritas atau 43% responden mengalokasikan pengeluaran untuk beli baju baru pada bulan Ramadan.
Ada pula 30% responden yang menganggarkan pengeluaran untuk mudik, dan 30% responden menyiapkan anggaran zakat dan sedekah
Kemudian ada 29% responden yang menyiapkan dana untuk acara buka puasa bersama, serta belanja makanan untuk sahur dan berbuka.
Survei Jenius juga merekam kekhawatiran responden selama Ramadan tahun ini. Hasilnya, 55% responden takut overspending atau boros saat belanja.
Diikuti oleh 42% responden yang cemas ibadah salatnya masih bolong-bolong, dan 32% khawatir kesehatan akan menurun ketika Ramadan.
Survei ini digelar pada 28 Februari-18 Maret 2024 dengan melibatkan 233 responden berusia 17-40 tahun yang tersebar di Bandung, Surabaya, Sidoarjo, Semarang, Medan, Palembang, Makassar, Manado, hingga Aceh.
(Baca: Ini Platform Belanja Online Paling Diminati Konsumen saat Ramadan)