Menurut data Semrush, jumlah kunjungan ke situs-situs e-commerce besar di Indonesia cenderung meningkat pada Juli 2025.
Peningkatan kunjungan terjadi di situs Shopee Indonesia (Shopee.co.id), Tokopedia (Tokopedia.com), dan Blibli (Blibli.com). Sedangkan kunjungan ke situs Lazada Indonesia (Lazada.co.id) turun, meski tidak signifikan.
(Baca: E-Commerce yang Sering Diakses Masyarakat Indonesia pada 2025)
Berikut data jumlah kunjungan ke situs e-commerce besar di Indonesia pada Juli 2025:
1. Shopee Indonesia (Shopee.co.id): 133,1 juta kunjungan, naik 5,6% (mtm)
Pada Juli 2025, situs Shopee Indonesia meraih 133,1 juta kunjungan dari seluruh dunia. Angkanya bertambah 7,1 juta kunjungan atau naik 5,6% dibanding bulan sebelumnya (month-to-month/mtm).
Shopee juga masih menjadi situs e-commerce dengan pengunjung terbanyak di Indonesia, melampaui pesaingnya seperti Tokopedia, Lazada, dan Blibli.
Pada Juli 2025, Shopee membuat berbagai program promo, seperti promo tanggal kembar Shopee 7.7, Shopee 7.7 Mall 100% ORI Sale, dan promo ShopeePay dengan hadiah total jutaan rupiah dan diskon belanja di berbagai merchant.
Shopee juga membuat promo Liga Kreator Youtube Shopping dengan hadiah ratusan juta rupiah yang berlangsung selama periode 14 Juli—10 Agustus 2025.
2. Tokopedia (Tokopedia.com): 65,2 juta kunjungan, naik 3,7% (mtm)
Situs Tokopedia meraih 65,2 juta kunjungan pada Juli 2025. Perolehannya bertambah 2,4 juta kunjungan atau naik 3,7% (mtm).
Pada Juli 2025, Tokopedia menggelar promo tanggal kembar 7.7 yang berlangsung selama 27 Juni—7 Juli 2024. Pada periode ini terdapat berbagai jenis promo, mulai dari flash sale 95%, diskon langsung Rp100 ribu, hingga bebas ongkos kirim.
Tokopedia juga membuat berbagai program promo kerja sama dengan bank, seperti pemberian diskon untuk pengguna kartu kredit Bank Mega, serta potongan harga dan bunga cicilan untuk pengguna BSI Hasanah Card.
3. Blibli (Blibli.com): 57,4 juta kunjungan, naik 273,2% (mtm)
Situs Blibli meraih 57,4 juta kunjungan pada Juli 2025, bertambah sekitar 42 juta kunjungan atau melonjak 273,2% (mtm).
Lonjakan ini membuat BliBli menyalip Lazada, yang biasanya duduk di peringkat ketiga.
Pada Juli 2025, BliBli membuat berbagai program promo, seperti Festival 14th BliBli #NoBlaBla, serta Gadget Day pada tanggal 17 Juli yang menawarkan diskon hingga Rp1 juta untuk pembelian gawai tertentu.
Mereka juga menggelar kerja sama promo, seperti diskon untuk pengguna blu (aplikasi mobile banking BCA), pengguna AstraPay, kartu kredit Bank Mega, dan kartu debit Line Bank.
4. Lazada Indonesia (Lazada.co.id): 32,4 juta kunjungan, turun 0,08% (mtm)
Pada Juli 2025, situs Lazada Indonesia meraih 32,4 juta kunjungan. Angkanya berkurang 26,2 ribu kunjungan atau turun 0,08% (mtm).
Pada bulan tersebut Lazada menggelar promo #Lazada77SaleID yang berlangsung selama 6—9 Juli 2025, menawarkan diskon hingga 85% serta voucher bonus dengan nilai maksimum Rp500 ribu untuk pembelian produk merek tertentu.
Mereka juga melakukan kerja sama promosi, seperti pemberian diskon untuk pengguna BSI Hasanah Card, kartu debit BNI Mastercard, dan kartu kredit Bank Mandiri dalam periode terbatas.
(Baca: Tipe Konten Promosi Produk yang Membuat Konsumen Mau Belanja)