Menurut survei Jakpat, mayoritas konsumen Indonesia lebih banyak memesan makanan ringan alias snack di aplikasi pesan-antar makanan online, dengan proporsi 49%. Kategori ini lebih tinggi dari minuman yang sebesar 33%.
Dari responden yang memilih pesan jenis camilan tersebut, setengah dari total (50%) lebih sering memesan martabak. Dipecah berdasarkan generasi, terbanyak dari milenial (58%), gen X (48%), dan gen Z (43%).
Selanjutnya ada roti khas Indonesia, dipilih 37% responden. Gen X paling suka dengan jenis ini, dipilih 44%. Selanjutnya ada milenial (42%) dan gen Z (29%). Makanan ini di antaranya roti bakar, roti kukus, roti sisir, dan sebagainya.
Makanan jalanan atau street snacks khas Sunda juga digemari konsumen, dipilih 36%. Makanan ini meliputi seblak, cilok, cimol, dan sebagainya. Gen Z tentu yang lebih banyak memburunya, dengan proporsi 41%. Disusul gen X (35%) dan milenial (32%).
Makanan lain yang banyak dipesan yakni dimsum (32%), makanan dengan saus kacang (31%), donat (25%), jenis sandwich (24%), makanan ringan khas Barat (22%), es krim (21%), dan makanan ringan Timur Tengah (19%).
"Jajanan lokal paling populer dipesan secara online oleh semua generasi, terutama martabak, makanan perpaduan Timur Tengah," kata Jakpat memberikan analisis dalam laporannya, dikutip Senin (28/7/2025).
Jakpat juga menemukan, biaya rata-rata yang dikeluarkan untuk memesan makanan ringan secara online adalah Rp56.838. "Milenial dan responden kelas atas cenderung menghabiskan lebih dari itu untuk jajan," kata Jakpat.
Laporan survei Consumer Behavior in Online Food Delivery khusus makanan ringan ini melibatkan 659 dari total 1.343 responden di Indonesia. Mereka tersebar di Jabodetabek; Pulau Jawa yang meliputi Jawa Barat (kecuali Bodetabek), Banten (kecuali Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan), Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta; dan luar Jawa: Bali, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Bandar Lampung, Samarinda, Balikpapan, Manado, Makassar, Jayapura.
Secara total, responden terdiri atas 52% laki-laki dan 48% perempuan. Berdasarkan generasi, gen X (45-49 tahun) sebesar 12%; milenial (29-44 tahun) 46%; dan gen Z (15-28 tahun) 42%. Seluruh responden sudah disesuaikan dengan proporsi pengguna internet Indonesia.
Survei digelar pada 13-14 Maret 2025 secara online melalui aplikasi Jakpat mobile. Adapun toleransi kesalahan atau margin of error di bawah 5%.
(Baca: GoFood, Aplikasi Antar Makanan Online Favorit Lintas Generasi RI Maret 2025)