Menurut survei Jakpat, GoFood menjadi aplikasi layanan antar makanan online yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia pada Maret 2025.
Tingkat keterpilihan GoFood secara total mencapai 38%. Bila dibedah secara generasi, gen X menyumbang angka tertinggi, yakni 43%. Sedangkan gen Z dan milenial masing-masing 37%
Selanjutnya, ShopeeFood, sebesar 29%. Gen Z paling banyak menggunakan layanan ini, yakni 39%. Disusul milenial sebesar 23% dan gen X 12%.
Lalu ada GrabFood, dipilih 27% responden. Gen X tercatat yang paling banyak menggunakan layanan ini, yakni 39%. Selanjutnya milenial 34% dan gen Z 18%.
Adapun aplikasi resmi restoran hanya dipilih 4%. Milenial jadi yang terbanyak, yakni 5%, disusul gen Z dan gen X masing-masing 3%.
"Generasi milenial dan gen X lebih memilih untuk menggunakan GoFood, sedangkan platform pesan-antar makanan favorit Gen Z adalah ShopeeFood," kata Jakpat memberikan kesimpulan dalam laporannya, dikutip pada Senin (28/7/2025).
Meskipun masih berada di peringkat kedua, jumlah pengguna ShopeeFood turun 11% dibandingkan dengan survei Jakpat sebelumnya pada 2022.
Survei yang tercantum dalam laporan Consumer Behavior in Online Food Delivery ini melibatkan 1.343 responden di Indonesia. Mereka tersebar di Jabodetabek; Pulau Jawa yang meliputi Jawa Barat (kecuali Bodetabek), Banten (kecuali Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan), Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta; dan luar Jawa: Bali, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Bandar Lampung, Samarinda, Balikpapan, Manado, Makassar, Jayapura.
Responden terdiri atas 52% laki-laki dan 48% perempuan. Berdasarkan generasi, gen X (45-49 tahun) sebesar 12%; milenial (29-44 tahun) 46%; dan gen Z (15-28 tahun) 42%. Seluruh responden sudah disesuaikan dengan proporsi pengguna internet Indonesia.
Survei digelar pada 13-14 Maret 2025 secara online melalui aplikasi Jakpat mobile. Adapun toleransi kesalahan atau margin of error di bawah 5%.
(Baca: Tren Penjualan GrabFood, GoFood, dan ShopeeFood di Indonesia sampai 2024)