Menurut survei Jakpat pada 2025, masyarakat Indonesia yang menonton drama Korea (drakor) juga memperhatikan penempatan promosi produk di dalamnya.
Produk yang dipromosikan dalam drakor meliputi produk kosmetik, makanan dan minuman kemasan, gawai, aksesoris fesyen, hingga jenis kendaraan yang digunakan.
Jakpat menyebut, promosi produk kosmetik dan perawatan kulit paling menarik perhatian, dengan 71% penonton menyadarinya di drakor. Setali tiga uang, makanan dan minuman kemasan juga menarik perhatian 67% responden.
“45% responden tertarik untuk membeli produk yang dipromosikan oleh aktor/aktris favorit mereka,” tulis Jakpat dalam laporannya.
Berikut promosi produk yang paling sering disadari masyarakat Indonesia yang menonton drakor pada 2025:
- Produk kosmetik atau perawatan kulit: 71%
- Makanan dan minuman kemasan: 67%
- Gawai atau teknologi yang digunakan: 60%
- Makanan dan minuman siap saji: 58%
- Jenis kendaraan yang digunakan: 42%
- Aksesori fesyen: 39%
- Pakaian: 36%
Survei Jakpat berlangsung secara daring pada 28-29 April 2025 dengan melibatkan 475 responden yang menyadari penempatan produk di drakor. Margin kesalahan survei di bawah 5%.
(Baca: Sederet Alasan Masyarakat Indonesia Mau Nonton Drama Korea)