Menurut data Semrush, pada Mei 2025 ada peningkatan kunjungan ke sejumlah situs e-commerce besar di Indonesia.
Peningkatan ini terjadi di situs Shopee Indonesia (Shopee.co.id), Tokopedia (Tokopedia.com), dan Blibli (Blibli.com). Namun, kunjungan ke situs Lazada Indonesia (Lazada.co.id) tercatat berkurang dibanding bulan sebelumnya.
(Baca: Jumlah Pesanan Konsumen Shopee Bertambah pada Kuartal I 2025)
Berikut rincian data jumlah kunjungan ke situs e-commerce besar di Indonesia pada Mei 2025, diurutkan dari peringkat teratas:
1. Shopee Indonesia (Shopee.co.id): 138,6 juta kunjungan, naik 4,98% (mtm)
Pada Mei 2025, situs Shopee Indonesia meraih 138,6 juta kunjungan dari seluruh dunia. Angkanya bertambah 6,6 juta kunjungan atau tumbuh 4,98% dibanding bulan sebelumnya (month-to-month/mtm).
Perolehan tersebut mempertahankan posisi Shopee sebagai situs e-commerce dengan pengunjung terbanyak di Indonesia, melampaui pesaing-pesaingnya seperti Tokopedia, Lazada, dan Blibli.
Pada Mei 2025 Shopee menggelar berbagai program promo, seperti Shopee 5.5 Fashion & Beauty Sale, ShopeePay Serba Gratis, bebas biaya admin, Promo FFNS Fall 2025, hingga Promo Berkurban.
Adapun mulai akhir Mei sampai akhir Juni 2025 Shopee menghadirkan kompetisi Liga Kreator YouTube Shopping. Melalui program ini, para kreator diajak untuk menunjukkan kemampuan storytelling mereka lewat konten video, sekaligus mengoptimalkan potensi pendapatan melalui program afiliasi Shopee.
2. Tokopedia (Tokopedia.com): 69,8 juta kunjungan, naik 7,41% (mtm)
Situs Tokopedia meraih 69,8 juta kunjungan pada Mei 2025. Perolehannya bertambah 4,8 juta kunjungan atau tumbuh 7,41% (mtm).
Pada Mei 2025 Tokopedia memiliki program promo yang bekerja sama dengan sejumlah bank, seperti Promo Tokopedia Payday untuk pemilik kartu kredit MNC Bank, serta Promo Mega Deals TokopediaxBRI yang memberikan potongan harga dan keuntungan ekstra bagi pengguna kartu BRI.
Adapun mulai bulan ini Tokopedia memberlakukan kebijakan baru terkait program Gratis Ongkir (ongkos kirim).
"Mulai 10 Juni 2025, Biaya program Gratis Ongkir yang akan ditanggung oleh Seller sebesar 6% dengan nilai maksimum Rp40.000 untuk setiap pcs/item/unit produk, di mana ketentuan nilai Gratis Ongkir maksimum sesuai yang dinikmati pembeli sudah tidak berlaku," kata manajemen Tokopedia di situs webnya (3/6/2025).
3. Lazada Indonesia (Lazada.co.id): 35,2 juta kunjungan, turun 16,14% (mtm)
Pada Mei 2025, situs Lazada Indonesia meraih 35,2 juta kunjungan. Berbeda dengan pesaingnya, perolehan situs ini berkurang 6,8 juta kunjungan atau menyusut 16,14% (mtm).
Pada bulan tersebut mereka menggelar Samsung LazMall Super Brand Day edisi kedelapan. Program ini merupakan kerja sama Samsung dengan Lazada Indonesia yang memberi berbagai penawaran spesial, seperti diskon hingga 40%, extra voucher hingga Rp 500.000, dan hadiah untuk pembelian produk Samsung tertentu.
Kemudian pada akhir Mei 2025, perusahaan induk Lazada mengumumkan investasi senilai US$100 juta dalam Program Afiliasi Lazada atau LazAffiliate, untuk mendorong perdagangan berbasis kreator.
"Investasi strategis ini ditujukan untuk mendukung struktur komisi yang lebih baik, insentif berbasis performa, dan berbagai fitur pemberdayaan yang memungkinkan para mitra affiliate memasuki era perdagangan baru yang dipimpin para kreator di seluruh Asia Tenggara," kata manajemen Lazada dalam siaran pers (26/5/2025).
4. Blibli (Blibli.com): 15,9 juta kunjungan, naik 12,69% (mtm)
Situs Blibli meraih 15,9 juta kunjungan pada Mei 2025, bertambah 1,8 juta kunjungan atau tumbuh 12,69% (mtm).
Pada Mei 2025 Blibli menggelar sejumlah promo, salah satunya promo gajian Blibli Payday yang menawarkan cashback hingga Rp700 ribu dan promo gratis ongkir untuk transaksi tertentu.
Ada pula program Mega Flash Sale diskon 50%, Brand Deals diskon 90%, Beli 1 Dapat 2, dan penawaran khusus investasi logam mulia.
"Kami memahami bahwa periode gajian adalah momen penting bagi pelanggan untuk mengatur pengeluaran dan memenuhi berbagai kebutuhan. Karena itu, Blibli terus menghadirkan pengalaman belanja yang tidak hanya praktis dan nyaman, tetapi juga memberi nilai lebih lewat promo dan program menarik," kata manajemen Blibli dalam siaran pers (23/5/2025).
(Baca: Ini Marketplace Pilihan Ibu-Ibu Indonesia untuk Belanja Online)