Menurut laporan firma pasar Canalys, total pengiriman perangkat wearable global mencapai 52,9 juta unit pada kuartal III 2024. Volumenya naik 2,9% dari periode sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).
Canalys mengkategorikan wearable ke dalam tiga kelompok, yaitu gelang pintar, jam tangan biasa, dan jam tangan pintar atau smartwatch.
Pada periode ini, Apple dan Xiaomi mendominasi pengiriman perangkat wearable ke seluruh dunia, masing-masing sebanyak 8,5 juta unit. Meskipun begitu, pengiriman Apple turun 3,6% (yoy), sedangkan Xiaomi justru melesat 37,3%.
Canalys menilai, pertumbuhan pengiriman wearable Xiaomi didorong oleh permintaan yang tinggi dari seri Mi Band 9 dan Redmi Watch 5.
Selain itu, Xiaomi memperluas pangsa pasar dengan menghadirkan berbagai pilihan untuk gelang pintar, seperti versi Pro, NFC, dan Active. Lalu untuk seri Redmi Watch 5, Xiaomi menawarkan varian Lite dan Active dengan pilihan warna yang bervariasi.
“Penawaran yang beragam ini memungkinkan Xiaomi untuk menargetkan berbagai segmen harga, membantu menangkap pangsa pasar yang lebih besar,” kata Analis Riset Canalys Jack Leathem dalam laporannya, Rabu (4/12/2024).
Posisi berikutnya diisi oleh Huawei, yang mengirimkan perangkat wearable sebanyak 7,1 juta unit atau tumbuh 38,5% (yoy). Diikuti Samsung yang mengirimkan 4,8 juta unit, naik 24,3% (yoy).
Kemudian Noise, produsen jam tangan pintar asal India, mengirimkan 2,5 juta unit perangkat pada kuartal III 2024. Volumenya anjlok 29,6% (yoy) dari periode sama tahun lalu.
Sementara volume pengiriman perangkat wearable dari merek-merek lainnya secara gabungan mencapai 21,4 juta unit, atau terkoreksi 10% secara tahunan (yoy).
(Baca: Jenis Perangkat "Wearable" dengan Pengiriman Terbanyak Global 2024)