Grup Media Nusantara Citra (MNC) yang berisi RCTI, MNC TV, GTV, dan iNews menguasai pangsa penonton televisi Indonesia.
Menurut data Nielsen, grup MNC memiliki pangsa pemirsa (audience share) sebesar 44,8% pada 2021, tertinggi dibanding grup televisi lainnya.
Grup Surya Citra Media (SCM) berada di peringkat kedua. Grup yang terdiri dari SCTV dan Indosiar ini memiliki pangsa pemirsa 27,6%.
Kemudian Grup Trans Corp yang memiliki Trans TV dan Trans 7 berada di peringkat ketiga dengan pangsa 13,1%. Diikuti grup Viva yang berisi ANTV dan TV One dengan pangsa 11,9%.
Sedangkan stasiun televisi nasional TVRI hanya memiliki pangsa pemirsa 1,4%, dan Metro TV lebih rendah lagi dengan pangsa 1,2%.
Besarnya pangsa pemirsa grup MNC membuat mereka mendapat kue pendapatan iklan terbesar. Menurut laporan Nielsen, pada 2021 grup MNC berhasil meraup 48,5% dari total pendapatan iklan televisi Indonesia.
(Baca Juga: Survei KIC: Masyarakat Lebih Percaya Televisi dan Media Sosial Ketimbang Situs Resmi Pemerintah)