Apple berhasil menjadi merek paling bernilai di dunia untuk tahun 2022, menurut laporan terbaru Brand Directory. Nilai merek (brand value) perusahaan teknologi asal Amerika tersebut mencapai US$355,08 miliar.
Laporan tersebut menunjukkan bahwa penilaian merek Apple naik 35% dibandingkan tahun sebelumnya, dimana pada tahun 2021 nilainya sebesar US$263,37 miliar.
Menurut Brand Directory, pertumbuhan Apple didorong oleh kesuksesan iPhone yang menyumbang sekitar 50% dari total penjualan di seluruh dunia. Produk Apple lainnya yang turut berkontribusi pada pertumbuhan perusahaan, yaitu iPad, iMac, MacBook yang diperbarui ke generasi baru serta AirTag.
Urutan kedua ditempati Amazon dengan nilai merek mencapai US$350,27 miliar. Kemudian, Google berada di urutan ketiga dengan nilai merek sebesar US$263,43 miliar.
Microsoft menempati urutan selanjutnya dengan nilai merek sebesar US$184,25 miliar. Berikutnya ada Walmart dan Samsung Group dengan nilai merek masing-masing US$111,91 miliar dan US$107,28 miliar.
(Baca Juga: 10 Perusahaan Tertua di Dunia yang Masih Beroperasi)