10 Perusahaan Tertua di Dunia yang Masih Beroperasi

Ekonomi & Makro
1
Monavia Ayu Rizaty 03/02/2022 16:20 WIB
10 Perusahaan Tertua di Dunia yang Masih Beroperasi hingga Sekarang
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Sejumlah perusahaan di dunia berusia sangat tua dan masih bertahan hingga saat ini. Beberapa perusahaan tersebut telah sukses melewati tantangan perubahan zaman, bahkan ada yang usinya mencapai ribuan tahun.

Melansir dari World Atlas, perusahaan konstruksi asal Negeri Sakura bernama Kongo Gumi tercatat sebagai perusahaan tertua di dunia yang didirikan pada tahun 578 masehi. Selama berabad-abad, Kongo Gumi berpartisipasi dalam pembangunan sejumlah gedung terkenal di Jepang, termasuk Osaka Castle yang dibangun pada abad ke-16.

Masih perusahaan dari Negeri Sakura, Hotel Nishiyama Onsen Keiunkan yang dibuka pada 705 masehi menempati urutan kedua perusahaan tertua di dunia. Hotel ini telah dioperasikan oleh 53 generasi dari keluarga yang sama sejak didirikan.

Urutan ketiga juga ditempati oleh perusahaan akomodasi dari Jepang bernama Koman. Hotel Koman didirikan pada 717 masehi dan tetap mempertahankan sentuhan tradisional Jepang seperti kamar mandi komunal dan tikar tatami.

Beberapa perusahaan di dunia yang juga masuk dalam daftar tertua adalah Hoshi Ryokan (718 masehi), Genda Shigyo (771 masehi), Stiftskeller St. Peter (803 masehi), Staffelter Hof (862), Tanaka-Iga (885 masehi), Sean's Bar (900 masehi), dan The Bingley Arms (953 masehi).

(Baca Selengkapnya: 10 Negara Ini Miliki Universitas Terbanyak di Dunia, Bagaimana Indonesia?)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua