Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Katadata Insight Center (KIC) merilis laporan survei Status Literasi Digital di Indonesia 2022 pada Rabu (1/2/2023).
Laporan tersebut mencatat pola perilaku digital masyarakat Indonesia, salah satunya terkait durasi penggunaan internet.
Berdasarkan hasil survei, mayoritas responden Gen Z (35%) dan Gen Y (26%) menggunakan internet lebih dari 6 jam per hari.
Sementara yang mengakses internet lebih dari 6 jam per hari di kelompok Gen X dan Boomers lebih sedikit, yakni hanya 19%.
Adapun sebagian besar Gen X dan Boomers mengakses internet antara 1-2 jam per hari, dengan rincian seperti terlihat pada grafik.
Jika semua kelompok usia itu digabung, mayoritas responden menggunakan internet lebih dari 6 jam per hari (26%), kemudian antara 1-2 jam (24%), dan 2-4 jam (24%).
(Baca: Ini Jenis Media yang Paling Banyak Menyedot Perhatian Konsumen)
Kemenkominfo dan KIC melakukan survei ini terhadap 10.000 pengguna internet berusia 13-70 tahun yang tersebar di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota.
Survei dilakukan selama periode Agustus-September 2022 melalui wawancara tatap muka. Pengambilan sampel menggunakan metode multistage random sampling, dengan toleransi kesalahan sekitar 0,98% dan interval kepercayaan 95%.
Responden memiliki beragam latar belakang dari ibu rumah tangga, wiraswasta, pekerja, pelajar, petani, dan lain-lainnya. Laporan lengkapnya dapat dilihat dan diunduh di tautan ini.
(Baca: Konsumsi Internet Masyarakat Global Berkurang pada 2022)