Ini Jenis Media yang Paling Banyak Menyedot Perhatian Konsumen

Media
1
Adi Ahdiat 01/12/2022 15:00 WIB
Rata-rata Waktu yang Dihabiskan Konsumen untuk Mengakses Media (Kuartal II 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Dari berbagai jenis media yang eksis saat ini, media sosial menjadi yang paling sukses menyedot perhatian konsumen.

Menurut survei Global Web Index (GWI), rata-rata konsumen menghabiskan waktu 2 jam 28 menit, atau 148 menit per hari untuk mengakses media sosial.

Durasi tersebut merupakan yang terpanjang dibanding media jenis lain, seperti TV konvensional, streaming musik, streaming video/TV online, ataupun media online dengan rincian seperti terlihat pada grafik.

"Di wilayah Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika rata-rata konsumen bahkan menghabiskan 3 jam per hari untuk mengakses media sosial," kata GWI dalam laporan The Global Media Landscape yang dirilis November 2022.

Menurut GWI, panjangnya durasi akses media sosial ini terutama dipengaruhi kelompok responden muda, yakni Gen Z dan Milenial yang rata-rata menghabiskan 2 jam 44 menit per hari. Sedangkan kelompok responden yang lebih tua rata-ratanya main media sosial 2 jam per hari.

Di samping popularitas media sosial, GWI menemukan tingkat konsumsi media online secara global meningkat dari 59 menit per hari pada 2018, menjadi 1 jam 15 menit per hari pada 2022.

"Media online membuat konsumen lebih mudah menemukan berita, sehingga waktu yang dihabiskan di sana naik dan mencapai rekor tertinggi pada 2022," kata GWI.

Durasi konsumsi TV online atau layanan streaming film juga meningkat dari 1 jam 10 menit pada 2018, menjadi 1 jam 31 menit pada 2022, meskipun popularitasnya kini masih di bawah TV konvensional.

Menurut survei GWI, YouTube menjadi layanan streaming video paling populer di Asia Pasifik, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. Sedangkan Netflix menempati posisi teratas di wilayah Amerika Utara dan Amerika Latin.

Survei ini melibatkan sekitar 3 juta responden yang tersebar di 48 negara. Responden berasal dari kelompok usia 16-64 tahun dan semuanya merupakan pengguna internet.

(Baca: Konsumsi Internet Masyarakat Global Berkurang pada 2022)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.