Pada masa pandemi covid-19 ini, sektor e-commerce termasuk salah satu bidang usaha yang ikut terpukul baik dari sisi keyakinan maupun peluang usahanya. Kondisi ini bisa dipotret dari Indeks Transaksi e-Commerce yang dibuat oleh We Are Social pada 2021.
Gambaran industri supermarket adalah unit usaha teratas yang mampu bertahan meski tak lepas dari pandemi. Indeks tertinggi pernah dicapai pada Oktober di angka 246 poin dan kemudian turun di akhir tahun. Sebelumnya, indeks ini sempet terperosok selama enam bulan dan berada di titik terendah pada bulan Agustus.
Industri lain seperti fashion, retail dan konsumer juga turut terimbas. Pariwisata menjadi industri yang paling tertekan seiring dengan banyaknya kebijakan pembatasan keluar rumah/melancong yang dikeluarkan oleh hampir semua negara.
Indeks yang dibuat oleh We Are Social ini merupakan gambaran nilai transaksi secara online yang dilakukan oleh pengguna di seluruh dunia. Jumlah transaksi dibentuk dari 30 miliar session dan lebih dari 150 miliar page view yang diakses dari berbagai jenis perangkat baik dekstop maupun mobile. Data dikumpulkan bulanan dari periode Januari-Desember 2020.