Menurut laporan Business of Apps, jumlah pengguna tahunan Twitter mencapai 206 juta orang pada 2021.
Jumlah itu naik 10,75% (year-on-year/yoy) dibandingkan tahun sebelumnya yang masih 186 juta pengguna.
Berdasarkan jenis kelamin, jumlah pengguna Twitter sepanjang 2021 didominasi oleh laki-laki dengan proporsi 68,5%. Sementara perempuannya hanya 31,5%.
“Twitter tergolong memiliki disparitas gender tertinggi dibanding media sosial lainnya,” demikian dikutip dari laporan Business of Apps, Kamis (30/6/2022).
Adapun pengguna Twitter pada 2021 paling banyak berasal dari kelompok usia 35-44 tahun dengan persentase 28,4%.
Kemudian kelompok usia 25-34 tahun 26,6%, kelompok 18-24 tahun 25,2%, kelompok 45 tahun ke atas 12%, dan kelompok 13-17 tahun sebanyak 7,8%.
Menurut Reuters Institute Digital News Report 2021, Twitter merupakan media sosial yang paling banyak dipakai penggunanya untuk mencari berita ketimbang Facebook, Youtube, Instagram, Snapchat, dan TikTok.
Survei itu menemukan bahwa 25% penggunanya mengakses Twitter dengan motivasi mencari berita terbaru. Sedangkan pengguna media sosial lain yang bermotivasi serupa hanya di kisaran 11%-16%.
(Baca: Survei Reuters: Twitter Banyak Digunakan untuk Mencari Berita)