Survei Reuters: Twitter Banyak Digunakan untuk Mencari Berita

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 28/03/2022 10:30 WIB
Motivasi Responden dalam Menggunakan Twitter untuk Mencari Berita (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut laporan survei Reuters Institute Digital News Report 2021, Twitter merupakan media sosial yang paling banyak dipakai penggunanya untuk mencari berita ketimbang Facebook, Youtube, Instagram, Snapchat, dan TikTok.

Survei itu menemukan bahwa 25% pengguna Twitter memakai media sosial tersebut dengan motivasi untuk mencari berita terbaru. Ini merupakan persentase tertinggi ketimbang pengguna media sosial lainnya yang hanya di kisaran 11%-16%.

Kemudian sebanyak 20% pengguna mengakses Twitter untuk melihat debat dan komentar terkait berita terbaru, 17% mencari perspektif yang tidak diberikan oleh media mainstream,  14% melihat berita karena tidak sengaja, dan 11% mencari berita penting terkait minat atau kebutuhan pribadi.

Ada juga 10% pengguna yang mengakses Twitter untuk mencari hiburan. Ini merupakan persentase terendah dibanding pencari hiburan di media sosial lainnya yang berada di kisaran 16%-35%.

Survei ini digelar oleh Reuters Institute atas kerja sama dengan YouGov pada akhir Januari hingga awal Februari 2021. Survei dilakukan terhadap sekitar 92 ribu pengguna media sosial dan konsumen berita online di 46 negara, termasuk Indonesia.

(Baca: Pengguna Twitter Indonesia Masuk Daftar Terbanyak di Dunia, Urutan Berapa?)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.