Berdasarkan laporan Kantar bertajuk Kantar BrandZ Most Valuable Global Brands 2023, Nike dinobatkan sebagai perusahaan pakaian dengan brand value atau nilai merek tertinggi global pada 2023.
Perusahaan pakaian olahraga asal Amerika Serikat (AS) itu memiliki nilai merek sebesar US$74,89 miliar pada tahun ini. Angka tersebut turun 32% (year-on-year/yoy) dibandingkan periode sama tahun lalu.
Urutan kedua yakni Shein dengan dengan nilai merek sebesar US$24,25 miliar. Perusahaan pakaian jadi asal Tiongkok ini baru memulai debutnya sebagai raksasa feysen pada 2023, sehingga belum ada perbandingan nilai dari tahun sebelumnya.
Sebagai perusahaan fast fashion, Shein terkenal dengan kemampuannya membawa pakaian ke pasar digital secara cepat. Kantar juga menyebut Shein selalu merilis ribuan model busana baru setiap harinya dengan harga yang sangat terjangkau.
Lalu Zara menyusul di urutan ketiga dengan valuasi merek senilai US$18,39 miliar pada 2023. Nilainya tercatat anjlok 28% dari tahun sebelumnya (yoy).
Agar dapat bersaing dengan merek lainnya, perusahaan fesyen asal Spanyol itu berkolaborasi dengan sejumlah desainer kenamaan dunia seperti Narciso Rodriguez dari AS untuk koleksi musim gugur 2022 dan Calvin Luo dari Tiongkok untuk untuk koleksi eksklusif 2023.
Berikut daftar 10 perusahaan pakaian dengan nilai merek terbesar global pada 2023 menurut Kantar:
- Nike: US$74,89 miliar
- Shein: US$24,250 miliar
- Zara: US$18,39 miliar
- Lululemon: US$16,56 miliar
- Uniqlo: US$12,1 miliar
- Adidas: US$11,89 miliar
- H&M: US$4,4 miliar
- Anta: US$3,16 miliar
- Li Ning: US$3,06 miliar
- Puma: US$2,98 miliar
(Baca juga: JD.com Menjadi E-Commerce Fesyen dengan Penjualan Terbesar di Dunia 2022)