Menurut perusahaan riset pasar Compas, mouthcare atau produk perawatan mulut cukup banyak diburu konsumen marketplace Indonesia.
Berdasarkan hasil penelusuran digital mereka, selama periode 25 Februari-10 Maret 2024 saja ada lebih dari 301 ribu produk perawatan mulut yang terjual di toko-toko online resmi di Tokopedia, Lazada, dan Blibli, dengan nilai total penjualan sekitar Rp9,8 miliar.
Pepsodent menjadi merek produk perawatan mulut dengan pangsa pasar terbesar.
Selama periode 25 Februari-10 Maret 2024, ada sekitar 149 ribu produk Pepsodent yang terjual dengan nilai Rp5,3 miliar, setara 54,22% dari total nilai penjualan mouthcare di tiga marketplace tersebut.
Di urutan kedua ada Sensodyne yang meraih pangsa pasar 7,48%, dengan volume penjualan 14,3 ribu produk dan nilai penjualan Rp732 juta.
Ketiga ada Close Up yang meraih pangsa 7,12%. Merek ini terjual sebanyak 28,6 ribu produk dengan nilai Rp700 juta.
Kemudian Colgate berada berada di peringkat keempat dengan pangsa pasar 4,57%. Merek pasta gigi asal Amerika Serikat ini meraih volume penjualan 7,6 ribu produk.
Merek mouthcare lain yang masuk top 7 adalah Ciptadent, Polident, dan Listerine dengan pangsa pasar seperti terlihat pada grafik.
(Baca: Pepsodent, Merek Pasta Gigi yang Paling Sering Digunakan Konsumen Indonesia)