Laporan The Digital Mum Survey: Indonesia-2024 yang dirilis theAsianparent Insights, mengungkap jenis produk yang dibeli ibu-ibu Indonesia saat belanja online. Berdasarkan hasil survei, produk fesyen dan aksesoris dipilih paling banyak dengan persentase 76% dari total responden.
Produk kecantikan dan perawatan diri menempati posisi kedua sebagai produk yang dibeli ibu-ibu di platform online, dengan persentase 73%. Peringkat tiga sampai lima berturut-turut ditempati produk perawatan bayi (59%), popok bayi (55%), serta perlengkapan kehamilan dan menyusui (47%).
Produk terpilih lainnya adalah peralatan rumah tangga, perlengkapan anak, bahan makanan, teknologi dan gadget, suplemen dan peralatan kesehatan, susu formula dan susu pertumbuhan, serta furnitur dan dekorasi rumah, seperti terlihat pada grafik.
Menurut theAsianparent Insights, lantaran 61% ibu-ibu di Indonesia mengadopsi belanja secara omnichannel (online dan offline), maka setiap saluran digunakan untuk kebutuhan yang berbeda-beda.
Platform online lebih disukai untuk belanja kebutuhan fesyen dan perawatan pribadi. Sementara toko offline dipilih untuk belanja bahan makanan dan peralatan rumah tangga.
Sebagai contoh, pada pembelian bahan makanan secara offline dipilih 62% dan peralatan rumah tangga sebesar 59%. Angka itu lebih tinggi dibandingkan secara online, yakni bahan makanan sebesar 35% dan peralatan rumah tangga 47%.
Survei The Digital Mum Survey: Indonesia-2024 dilaksanakan secara online dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah purposive random sampling dengan melibatkan 1.000 responden dan durasi wawancara antara 15-20 menit.
Sementara itu, kriteria responden dalam survei tersebut adalah perempuan berusia 18-40 tahun ke atas dengan anak, berdomisili di Indonesia, dan mewakili campuran semua kelompok status sosial ekonomi.
(Baca: Ini Marketplace Pilihan Ibu-Ibu Indonesia untuk Belanja Online)