Hasil survei Populix menunjukkan, mayoritas atau 77% responden belanja bahan makanan di minimarket dalam kurun waktu 6 bulan terakhir.
Dari responden tersebut, sebanyak 99% mengaku faktor tempat menjadi alasan utama mereka belanja di minimarket. Ini karena aksesibilitas minimarket yang mudah, tersedia di banyak lokasi, dan memiliki layanan pengantaran ke rumah.
Lalu 58% responden lebih memilih belanja kebutuhan di supermarket, 38% belanja toko kelontong luar pasar, dan 38% di toko yang ada di luar pasar.
Ada pula responden yang berbelanja pasar swalayan dan melalui e-groceries atau aplikasi belanja grosir online masing-masing sebanyak 26%.
Populix menggelar survei ini secara online pada 23-26 Mei 2024 terhadap 1.070 responden yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
Mayoritas responden berada di Pulau Jawa (79%), diikuti Pulau Sumatra (13%), dan pulau-pulau lainnya (8%). Responden didominasi oleh kelompok usia 17-25 tahun (38%) dan usia 26-30 tahun (22%).
(Baca: Indomaret, Toko Retail dengan Gerai Terbanyak di Indonesia pada 2022)