Menurut hasil survei terbaru TGM Research, belanja makanan dan minuman menjadi alokasi pengeluaran terbesar responden muslim Indonesia pada Ramadan 2024. Opsi ini dipilih oleh 45% responden.
Kemudian, sebanyak 22% mengatakan pengeluaran Ramadan kali ini juga diperuntukkan untuk kegiatan amal atau sedekah. Lalu, ada pula 17% responden mengatakan bahwa pengeluaran Ramadan mereka untuk transportasi.
Sementara sebanyak 16% responden mengatakan pengeluaran Ramadan tahun ini diperuntukkan untuk membeli hadiah.
Survei itu juga menemukan bahwa 46% responden berencana untuk menghabiskan pengeluaran lebih banyak untuk belanja makanan dan minuman pada Ramadan dibanding bulan biasanya, diikuti untuk amal/sedekah (49%), dan transportasi (25%).
TGM Research melakukan survei online terhadap 750 responden muslim di Indonesia berusia 18 sampai 40 tahun ke atas. Survei dilakukan pada 1-22 Februari 2024 menggunakan metode wawancara internet computer-assisted web interviewing (CAWI).